Monday 20 June 2016

Apa Saja yang Boleh Dimakan si Kecil?

Varietas Bahan Makanan


Pada umur 6 bulan sistem pencernaan bayi telah berkembang dgn baik sehingga bayi mampu mengolah, mencerna & menyerap berbagai jenis bahan makanan seperti protein, lemak & karbohidrat. Pencernaan & organ tubuh bayi sudah siap mengolah bahan makanan lain selain ASI/ASU (Air Susu Umum, seperti sufor dsb). Jadi,bayi sdh boleh makan berbagai bahan makanan, bukan hanya buah.


Pada umur 6 bulan, ginjal bayi telah berkembang dengan baik sehingga mampu mengeluarkan produk sisa metabolisme termasuk dari bahan pangan tinggi protein seperti daging. Jadi, bukan menjadi alasan menunda pemberian daging merah, ikan, &telur. Supaya bayi tumbuh berkembang dengan baik sebaiknya kawal dengan pemberian menu protein hewani & nabati.


Jadi, tidak ada alasan gak boleh kasih makanan ini-itu (padahal ortu mampu menyediakan) hanya karena takut anak tidak bisa mencernanya dan ginjal tidak kuat. Baca, baca dan baca lagi yuuukk.. :D


Pada masa awal MPASI, varietas bahan makanan yang diberikan dikenalkan sebagai “rasa tunggal”. Ini dilakukan selama 2 minggu pertama MPASI. Variasikan pilihan rasa tunggal dari berbagai kelas bahan makanan, misalnya pagi karbohidrat-siang sayur-malam buah. Amati reaksi alergi, alergi ada yang tipe lambat baru muncul dalam 72 jam.

Setelah umur bayi 6 bulan 2 minggu berikan bubur MPASI yang komplit dan segerakan memberikan sumber zat besi hewani.


Tambahkan minyak atau margarin setengah hingga satu sendok teh ke dalam bubur bayi untuk meningkatkan kandungan energi & supaya makanan licin dan mudah ditelan bayi. Ibu bisa menggunakan minyak apapun yang tersedia di rumah selama minyaknya masih bersih dan bagus bukan minyak bekas menggoreng. Tambahkan minyak ketika bubur akan disajikan ke bayi.


No comments:

Post a Comment