Monday 20 June 2016

Tekstur Makanan MP-ASI

Tekstur makanan MPASI


Umur 6 bln tekstur MPASI yang diberikan adalah makanan lumat/halus (bubur saring, pure atau makanan yang ditumbuk/dihaluskan). Pastikan teksturnya tdk terlalu cair/encer, jd gunakan sedikit saja air. Jadi tekstur bubur cair, tapi jk sendok dimiringkan bubur tidak tumpah.
Umur 8 bln bayi sdh bisa dikenalkan dgn finger food.
Umur 9–11 bln 29 hari tekstur MPASI dinaikkan mjd makanan lembek (nasi tim, bubur tanpa disaring, makanan dicincang halus atau irisan makanan-lunak).
Umur 12 bln tekstur MPASI bayi sdh bisa memakan makanan meja keluarga: makanan yg dicincang kasar, diiris/dipegang tangan.


Tekstur MPASI ini disesuaikan dengan perkembangan sistema persarafan dan oro-motorik bayi. Di atas sudah disampaikan tentang kekosongan suplai energi dan zat gizi juga ukuran lambung yang kecil. Sehingga kita hanya bisa memberikan makanan dalam jumlah sedikit namun frekuensi sering, juga sebaiknya yang mudah dicerna.

Kemampuan Fisik Bayi Untuk Makan:
Bayi umur 5 bulan baru belajar menggerakkan sendi rahangnya dan makin kuat refleks hisapnya. Bayi umur 7 bulan bisa membersihkan sendok menggunakan bibirnya. Bayi saat ini bisa menggerakkan sendi rahang naik-turun juga gigi masih sedikit pun biasanya baru punya gigi seri yang bertugas memotong bukan menggilas makanan, sehingga proses mengunyah dan hasil partikel kunyahan masih kasar.


Mulai umur 8 bulan bayi telah mampu menggerakkan lidah ke samping dan mendorong makanan ke gigi-geliginya, makin stabil menjaga keseimbangan dan memegang sehingga dia sudah bisa menerima makanan finger food.


Umur 10 bulan merupakan waktu kritis bayi diharapkan sudah bisa memakan tekstur MPASI semi-padat (“lumpy” solid food) sehingga mulai kenalkan makanan lembek tanpa saring di umur 9 bulan. Jika terlambat menaikkan tekstur makanan maka anak akan semakin sulit memakan makanan yang lebih padat.


Umur 12 bulan sendi rahang bayi telah stabil dan mampu melakukan gerakan rotasi sehingga sudah bisa lebih canggih dalam mengunyah tekstur MPASI kasar. Pada saat ini bayi telah siap memakan makanan meja sesuai yang dimakan oleh keluarga.


No comments:

Post a Comment