Monday 20 June 2016

Berapa Porsi Makan si Kecil?

Jumlah takaran makanan yang diberikan


Frekuensi MPASI makan dan jumlah takaran makanan MPASI yang diberikan dalam panduan MPASI WHO menyesuaikan dengan kapasitas lambung bayi dan rata-rata kandungan kalori.

Kandungan kalori pada bubur MPASI diperkirakan sekitar 0,8 kcal/gram.
Kapasitas ukuran lambung bayi masih kecil yah. Bayi yang baru lahir ukuran lambungnya hanya sebesar kelereng, umur 3 hari bertambah sebesar bola bekel dan umur 1 minggu bertambah menjadi sebesar bola pingpong. Nah, ukuran ini berangsur-angsur akan membesar seukuran bola tenis pada bayi umur 6–12 bulan (ada sumber yang menuliskan besarnya lambung bayi seukuran kepalan tanggannya). Berdasarkan penelitian, kapasitas lambung bayi itu sekitar 30 gram makanan/kg BB-nya.

Saat awal MPASI di umur 6 bulan jumlah takaran makanan MPASI yang diberikan sekitar 2–3 sendok makan per kali pemberian.

Ketika umur 6–8 bulan 29 hari, jumlah takaran makanan MPASI dinaikkan bertahap dari 2–3 sendok makan menjadi ½ cangkir/mangkok (125 mL) per kali pemberian. Jadi saat bayi umur 6 bulan 2 minggu diharapkan sudah lancar makan sehingga bisa diberikan takaran setengah mangkok (125 mL)  saat makan. –> ukuran cangkir/mangkok yg digunakan 250 mL.

Ketika umur 9–11 bulan 29 hari, jumlah takaran makanan MPASI dinaikkan bertahap menjadi ½ cangkir/mangkok (125 mL) –> ukuran cangkir/mangkok 250 mL.

Saat umur 12–24 bulan, jumlah takaran makanan MPASI dinaikkan bertahap menjadi ¾–1 cangkir/mangkok (175 – 250 mL) –> ukuran cangkir/mangkok 250 mL.

Karena kita –terpaksa- memberikan makanan dalam jumlah sedikit, namun dengan PR harus bisa memenuhi kekosongan energi dan zat gizi yang serius maka jenis menu dan metode MPASI yang kita pilih haruslah tepat.


No comments:

Post a Comment